FRONT OFFICE
Front Office, adalah salah satu departement di sebuah hotel yang berada di begian depan merupakan pintu gerbang dari hotel itu sediri sehingga mudah diketahui dan di hubungi tamu yang secara oprasional berhubengan langsung dengan tamu.
Front Office berperan penting bagi sebuah hotel karena :
1. Merupakan pusat kegiatan hotel.
2. Para tamu mendapatkan pelyanan sebelum tamu tiba, pada saaat tiba di hotel, pada saat tiba di hotel, pada saat berada di hotel dan pada waktu akan meninggalkan hotel..
3. Kira-kira 65% pendapatan hotel didapatkan dari hasil penyewaan kamar.
4. Kesan pertama dan kesan terakhir bagi tamu di tentukan oleh front office.
Peranan Front Office :
1. Sebgai sumbu atau poros dari kegiatan hotel.
2. Sebagai jantung dari sebuah hotel.
3. Sebagai ujung tombak.
4. Sebagai barometer.
Fungsi Front Office :
1. Menjual kamar
· Menerima pesanan kamar
· Menangani tamu tanpa pemesanan kamar (walk-in)
· Mengerjakan atau memproses pendaftaran tamu.
· Menentukan nomor kamar.
2. Menyiapkan dan memberikan pelayanan informasi hotel
· Informasi yang berhubungan dengan fasilitas hotel (Hotel Operation)
· Informasi tentang kejadian dan tempat-tempat atau objek yang bisa dinikmati oleh tamu di luar hotel.
3. Mengkoordinir pelayanan
· Antar departemen yang berhubungan langsung dengan tamu dengan departemen yang langsung berhubungan dengan tamu.
· Menangani permasalahan tamu dan keluhan (complains)
4. Mengerjakan laporan tentang status kamar
· Status terjual (o)
· Sedang di kerjakan
· Kamar rusak (ooo)
· Vacant room (v)
5. Menyiapkan pembayaran
· Penyusunan polio dan rekening tamu
· Memasukan tagihan kedalam folio (up dating)
· Mengawasi batas tagihan (credit levels)
· Mengumpulkan transaksi tamu
6. Menangani pembayaran tamu
· Menyiapkan statement
· Menyelesaikan pembayaran
7. Menyusun daftar riwayat kunjuangan tamu
· Melakukan pencatatan data individual untuk kunjungan yang akan datang
· Meyelenggarakan arsip kartu riwayat kunjungan tamu (Guest History Card)
8. Menangani telephone Switch Board, Telex, Fax, Telegram
· Menangani semua pembicaraan telephone
· Menerima dan mengirim telex, fax, dan telegram.
9. Menangani barang-barang bawaan tamu
· Menagani barang-barang tamu pada waktu tiba dan berangkat
· Menangani perpindahan kamar
· Menagani penitipan barang-barang bawaan tamu
sangat membantu mas,... thanks infonya mas,...
BalasHapusoke bapak
HapusYa ampun gak jadi deh aku masuk bagian front office haha banyak tugas
BalasHapuskayak lu keterima aee
Hapusjudul yg tepat untuk pkl di hotel,bagian front office apa yah? kasih saran dong?🤣
BalasHapusBermaanfaat :v
BalasHapusSemoga menjadi pengalaman
BalasHapusSemoga setelah memperlajari smua ini, pas pkl ga gerogi
BalasHapusIntinya sih jangan takut slah jadi pendengar yg baik setiap ke Salahan di jadikan motivasi supaya jadi lebih baik masalah adalah cara tuhan meningkat kan derajat manusia itu
HapusPadahal besok interview, bca ini lngsung pikir" lagi mna hotelnya bukan hotel kaleng kaleng 😪
BalasHapus2012 saya datang ke Dubai cuman modal nekat ga tau bahasa inggris dll bayangin ga atau bahasa Inggris bisa Sapai Dubai tapi cuman butuh 1 minggu saya bisa berbahasa inggris yang penting yakin paham dan setiap melakukan kesalahan di ingat lalu di perbaiki
HapusRezki Bg 🙏
HapusSemoga pembelajaran ini tidak sia² untuk ujian kompetensi & sertifikasi di hotel @TAMAN SIMALEM RESORT (PT.MEREK INDAH LESTARI). AMIN 🙏
BalasHapusBanyak bngt tugas nya 😂
BalasHapusBanyak bngt tugas nya 😂
BalasHapusJurusan perhotelan
BalasHapusMalam..Aku Evi Pramudianti di Jogjakarta. Makasih ya informasinya mengenai front office. Kebetulan aku lagi belajar cari materi front office. Eh nemu disini dan cukup lengkap. Aku memerlukan materi2 front office, karena mau ujian hehe..Teruslah buat materi2 seputar office mas..
BalasHapus