Hal yang harus dilakukan seorang manager

Hal yang harus dilakukan oleh seorang Manajer
            Setiap perusahaan selalu berusaha dan mengharapkan untuk mencapai hasil maksimal. Untuk mencapai hasil yang diharapkan, seorang pimpinan/manajer harus mampu melaksanakan tugasnya melalui dan dengan kerja sama dengan orang lain dengan proses manajemen, yakni :
1.   Perencanaan (Planning)
2.   Pengorganisasian (organizing)
3.   Pengharahan (directing)
4.   Penempatan tenaga (staffing)
5.   Pengendalian dan pengawasan (controling)
6.   Pengevaluasian (evaluating)

Perencanaan (Planning)
            Seorang manajer harus memikirkan perencanaan kegiatan yang akan di buat karena, Pembutan perencanaan oleh pimpinan oleh pimpinan/manajer perusahaan untuk perusahaan dilakukan guna menentukan garis-gari besar kegiatan perusahaanya, memikirkan dan mempersiapkan masa depannya, serta menentukan What, How, goal, whow, Goal, Where, dan when yang sesuai dan tepat untuk melaksanakannya,serta menentukan arah dan proses yang akan ditempuh.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam membuat perencanaan adalah sebagai berikut :
a)   Menentukan sasaran (Goal)
Menentukan hasil akhir yang ingin dicapai
b)   Membuat perkiraan (Forecasting)
Memperkirakan kecenderuangan, antisipasi keadaan untuk mencapai tujuan
c)   Menyusun strategi (Strategy Arranging)
Menentukan cara, taktik, hal-hal istimewa, dan waktu yang dibutuhkan guna mencapai tujuan.
d)   Menyusun Program (Programming)
Menentukan prioritas, tahapan, perincian kegiatan, dan penjadwalannya.
e)   Membuat anggaran (Budgeting)
Mengalokasikan sumberdaya untuk setiap unit usaha dan rencana keuangan yang mencerminkan kegiatan usaha.
f)    Membuat prosedur kerja (Work proceduring)
Menentukan standarisasi  proses kerja.
g)   Membuat pola kebijakan (Policy Making)
Pengambilan keputusan pada urusan-urusan penting yang terjadi secara berulang berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan.

Pengorganisasian (Organizing)
        Selain membuat planing seorang manajer harus membuat pengorganisasian karena pengorganisasian adalah pengaturan pembagian tugas yang didelegasikan kepada para staf dengan baik dan tepat sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan tempat waktu secara efektif dan efesien.
        Dalam Pengorganisasian perusahaan, seorang pimpinan/manager hendaknya :
a)      Membuat struktur organisasi
Menciptakan bagan/susunan organisasi yang sesuai dengan keadaan perusahaan yang bersangkutan.
b)      Merumuskan pola hubungan kewenangan dalam organisasi secara hirakis dan horisontal.
Menentukan garis hubungan kewenagan yang jelas untuk kapasitas pelaksanaan komando dan kelancaran koordinasi.
c)      Menyusun uraian jabatan.
Penyusunan uraian jabatan dimaksudkan untuk menentukan ruang lingkup kerja,kerangka hubungan kewenangan dan tanggung jawab.
d)      Menentukan peryaratan jabatan.
Penentuan peryaratan jabatan dimaksudkan untuk persaratan menentukan kualitas seseorang yang akan mengisi setiap jabatan yang sesuai dengan latar belakang pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan pengalamanya.

Pengarahan (Directing)
            Dalam Hal ini pengarahan sangat perlu dilakukan oleh seorang manajer karena pengaraha adalah kemampuan pimpinan/manajer perusahaan untuk menciptakan kegiatan yang bermakna yang dapat mencapai sasaran yang di harapkan. Hal-hal yang perlu di ketahui oleh seorang pimpinan/manager perusahaan dalam pelaksanaan pengarahan adalah sebagai berikut:
a)   Penugasan dan Pendelegasian Wewenang
Pimpinan/manajer perusahaan harus dengan bijaksana memberikan tugas, tanggng jawab serta wewenang kepada yang bersangktan sesai jabatannya guan mencapai sasaran yang di harapkan.
b)   Memotivasi
Pimpinan/manajer persahaan harus mampu memberikan semangat dan dorongan kepada karyawannya sehingga dapat melakukan tugasnya seperti yang diharapkan.
c) Melakukan Koordinasi
Pimpinan/manajer perusahaan harus mampu menciptakan keserasian dalam setiap kegiatan secara optimal sesuai dengan perubahan keadaan dan perkembangan jaman.

d)   Mengatasi konflik
Pimpinan/manajer perusahaan harus mampu menciptakan suasana sikap keterbkaan, keberanian mengemukakan pendapat, kesedian mendengarkan orang lain dan mempertimbangkannya.

e)   Mengendalikan perubahaan.
Pimpinan/manajer harus mampu memberikan dorongan kepada karyawan untuk berreaksi secra inovatif guna mencapai sasran yang diharapkan dalam situasi dan zaman yang selalu berubah dan berkembang.

Penetapan Tenaga (Staffing)
            Yang dimaksud dengan penempatan tenaga kerja adalah pemilihan dan penempatan orang yang tepat dan memenuhi syarat yang telah ditentukan untuk setiap jabatan/posisi (The right man in the right position)
            Dalam penempatan tenaga kerja yang tepat pada setiap jabatan pemimpin perusahan hendaknya:
a)   Menyeleksi
b)   Memberikan orientasi
c)   Mengadakan pendidikan dan pelatihan


Pengendalian dan pengawasan (controling)
            Yang dimaksud dengan pengendalian dan pengawasan adalah suatu jaminan untuk memperoleh peningkatan kualitas kerja untuk mencapai sasaran yang telah direncanakan. Dalam pelaksanaan pengendalian dan pengawasan,pimpinan/Mnager perusahaan hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut:

a)   Menentukan sistem laporan
b)   Menentukan standar prestasi kerja
c)   Mengukur Hasil pekerjaan
d)   Mengadakan koreksi
e)   Memberikan imbalan dan melakukan antisipasi terhadap penyimpangan
Share on Google Plus

About Bloby's Blogger

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

11 komentar:

  1. Min mau tanya. Saya kan masih pelajar sma, nah kalau inggin masuk jurusan management keuangan nanti. Sekarang apa yang harus saya lakukan untuk bisa masuk jurusan itu. Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Yg merasa jenius tolong dijawab.
    Bagaimana ketika manajer perusahaan dengan asumsi2 yang mereka buat pada saat melakukan perencanaan ternyata tdk sesuai pada saat implementasi rencana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya berarti data atau asumsi yg di buat kurang tepat, then you need react on it

      Hapus
  3. Jika Anda ditunjuk sebagai general manajer di perusahaan susu bubuk. Anda dituntut untuk bersaing dengan perusahan-perusahaan besar seperti Unilever. Apa yang akan anda lakukan terkait dengan budaha organisasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama budaha itu apa ya?
      Tapi ini jawab dari kawan saya manager suatu perusahaan di Taiwan dia jawab seperti ini
      Iya emang itu kompetitor kita, tinggal kamu jadi beda atau kamu amati tiru dan modifikasi usaha kamu agar bisa sama dengan brand nya mereka, tapi klo kamu ga bisa beda yaa jangan lawan arus.
      Jawaban kawan2 saya yg lain OTW.
      Terima kasih telah komen di Blog saya

      Hapus
    2. Di dalam manajemen strategi. Ada startegi SWOT. Cara melumpuhkan lis dg melihat kelemahan musuh kita

      Hapus
  4. trima kasih ya infonya kunjungi wesite saya https://ppdaarulimanbengkulu.com

    BalasHapus